2. Alat dan Bahan
[Kembali]
3. Rangkaian Simulasi
[Kembali]
Percobaan 2 T flip-flop dan aplikasinya
1. Buatlah rangkaian seperti pada gambar 7. Hubungkan Output Q dan Q dengan LED H7 & H6.
4. Prinsip Kerja Rangkaian
[Kembali]
Dapat dilihat pada jurnal praktikum pada percobaan 2, Untuk kondisi pertama, diketahui input T(B2) = dont care; PRE(B1) = 1; CLR(B0) = 0. Disini B2 terhubung dengan clock, B1 terhubung dengan S, dan B0 terhubung dengan R. Maka akan didapatkan output Q = 0; Q; = 1. Hal tersebut dikarenakan pin yang terdapat pada S dan R merupakan aktif low, dimana dia akan aktif saat berlogika 0. Dimana pada kondisi ini didapatkan nilai R berlogika 0, maka ia akan memaksa output atau Q untuk berlogika 0.
Untuk kondisi 2, diketahui input T(B2) = dont care; PRE(B1) = 0; CLR(B0) =1. Maka akan didapatkan output Q = 1; Q; = 0. Hal tersebut dikarenakan arus yang masuk pada set reset; S = 0; R = 1 dimana set reset merupakan aktif low yang mana akan aktif saat berlogika 0 maka dari itu set aktif dan akan memaksa nilai Q' untuk bernilai 0 atau saat reset tidak aktif, ia akan memaksa output untuk logika 1.
Untuk Kondisi 3, diketahui input T(B2) = dont care; PRE(B1) = 0; CLR(B0) =0. Maka akan didapatkan output Q = 1; Q; = 1. Hal tersebut dikarenakan pin set reset merupakan aktif low, dan akan memaksa output untuk berlogika 1. Disini akan terjadi kondisi terlarang atau keadaan yang tidak diperbolehkan.
Untuk Kondisi 4, diketahui input T(B2) = clock; PRE(B1) = 1; CLR(B0) =1. Maka akan didapatkan output Q = toggle; Q; = toggle. Hal tersebut dikarenakan output yang didapatkan akan berkebalikan secara terus-menerus.
5. Video Rangkaian
[Kembali]
6. Analisa
[Kembali]
2. Analisa output dan input masing masing kondisi sesuai jurnal
Rangkaian dasar T FLIPFLOP
KONDISI PERTAMA :
KETIKA J/K pada keadaan toggle, input B2 = X, B1 = 1 dan B0 = 0. Q = 0 dan Q̅ = 1,
KONDISI KEDUA :
KETIKA input T = X, B1 = 0, dan B0 = 1, dengan CLR = 1, maka outputnya Q = 0 dan Q̅ = 1.
KONDISI KETIGA :
KETIKA J/K pada keadaan toggle, dengan input T = X, P = 0 dan CLR = 0, maka outputnya Q = 1 dan Q̅ = 0.
KONDISI KEEMPAT :
KETIKA Pada saat input T: Rising, B1 = 1 dan CLR = 1, maka outputnya toggle pada Q dan Q̅.
7. Link Download
[Kembali]
Komentar
Posting Komentar